Sharing Ilmu Islam

Ceramah Ustadz Abdullah Gymnastiar di Masjid Sabillilah Malang : Akhlak Rasulullah SAW


Ass. Wr wb

Berikut ini saya akan sedikit memberikan cerita singkat mengenai isi dari ceramah ustadz Abdullah Gymnastiar yang diselenggarakan di Masjid Sabillilah Malang Jawa Timur. Jika ada kata kata yang salah, itu datangnya dari saya pribadi. Oleh sebab itu saya ingin meminta maaf sebelumnya jika ada yang kurang berkenan atau kurang tepat dalam penyampaian nya. Semoga menjadi pelajaran bagi kita semua. Amin

kisah-mengharukan-detik-detik-wafatnya-rasulullah-saw-ah1

Akhlah Rasullulah saw.

Jika kita semua ingin mendekati akhlak nabi kita, Nabi Muhammad Saw, Diwajibkan untuk mengikuti 5-at dibawah ini. Insyaallah, kita semua menjadi pribadi yang berjiwa besar, ikhlas dan tawadhu.

Pertama, Memiliki tekad yang Kuat.
Diwajibkan kita memiliki niat atau tekad yang kuat untuk mengubah diri kita atau kehidupan ke arah yang lebih baik. Disatu sisi, terkadang keimanan manusia bisa naik dan turun. Pada saat iman itu sedang turun, niatkan lah yang lebih kuat agar istiqomah terhadap segala sesuatu yang akan kita kerjakan asalkan tidak melanggar perintah Allah dan Rasul-Nya.

Tekad atau niat yang kuat untuk mendekatkan diri dengan sang Khalik lah yang perlu terus dipupuk dan ditingkatkan levelnya. Janganlah kita dekat atau lengket trus dengan manusia namun dengan Allah kita seakan hanya mendekat jika ada keperluan atau masalah. Dari awal, tekankan lah bahwa Allah pemilik segala urusan, rejeki dan maha kuasa atas segala sesuatu. Secara logika dan keimanan, sudah seharusnya lah kita sebagai hamba Nya, selalu ingin dekat kepadaNya. Insyaallah, jika Allah telah ada terus direlung hati kita, Allah akan memberikan semua rejeki atau hajat kita plus ditambah bonus yang tidak kita sangka sangka sebelumnya (At Thalaq 2-3).

Kedua, Taubat.
Rasullulah melaksanakan taubat dalam sehari semalam 100x, Subhanaallah. Lah, kita ini sebagai manusia biasa aja kadang sering lupa untuk sholat…eh eh eh ko malah taubat…mungkin kelupaan tuh.
Taubat lah setiap saat, karena kita semua pasti terus berbuat salah terhadap sesama dan Allah. Janganlah kita merasa sungkan atau malas untuk bertaubat, karena didalam taubat terkandung ilmu tauhid yang tinggi serta sebagai tanda rasa syukur ke Pencipta atas segala karunia dan rahmat-Nya.
Zikir lah trus di lisan maupun dihati kita, setiap saat setiap waktu mengingat Allah, niscaya Allah akan mengingat kita disaat senang dan susah.

Ketiga, Jauhi Maksiat
bila sudah taubat, hindarilah sejauh mungkin namanya maksiat. Sayang euy, jika udah ngerasa sedikit bersih jangan coba coba dekati namanya maksiat. Cukuplah Allah sebagai pelindung dan penolong dikala kita kesusahan, namun jangan dilupakan (Allah) jika kita merasa senang.

Keempat, Taat
Sesudah kita berusaha menjauhkan diri dari maksiat, cobain untuk istiqamah terhadap segala hal yang baik. Allah sangat mencintai hambanya yang melakukan hal hal baik biarpun kecil tapi berkesinambungan. Jadi, jangan hanya melakukan hal baik jika ada maunya, biarpun itu diperbolehkan. Lakukan lah dengan hati yang riang, jangan perlakukan secara ritual karena pasti akan lelah sendiri. Be happy doing the right things.

Kelima, Sebarkan Manfaat
terakhir nie, bila keempat hal diatas sudah dilakukan, lakukan tos tos an deh. Cobain sedekah yang terbaik, insyaallah Allah akan membayar nya dengan berkali lipat.
Nah sekian dulu ya, ini juga diburu waktu. Semoga tulisan diatas bermanfaat bagi kita semua. Jika ada pernyataan yang keliru, mohon dimaafkan (karena itu dari saya), bila memang sudah benar itu semua datangnya dari Allah semata.
Wassalam

Rony Soya Lesmana
rony.soya.lesmana@gmail.com

Dikutip dari : https://pejuangikhlas.wordpress.com/about/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.