Sharing Ilmu Islam

Ringkasan Ceramah Abah Uci : Kisah Tupai, Tikus dan Ular


584684e9b397b-tupai-lawan-ular-berbisa-siapa-yang-menang_665_374

Di zaman satwa, zaman hewan bisa bicara, ada tupai, sarangnya berada di atas pohon ambon yang strategis dimana dia berada diantara dua cabang yang besar, kata tupai : “mantap banget ini rumah, yang lewat terlihat, yang lagi mandi terlihat :), mantap jasa!

Karena suatu sebab ini tupai turun lalu naik pohon kelapa, lalu makanlah kelapa ternyata setelah dihitung sudah sepekan ada di pohon kelapa. Waktu pulang dia kaget, ternyata di sarangnya ada tikus.

bajing

“Rit, kamu ko berani banget masuk ke rumah saya?”

“Kan peraturan di ilmu perhewanan ditinggal 3 hari udah bukan miliknya” kata tikus, tupai tetap tidak ngasih, tikus ini peraturan MPR perhewananan, kata tupai ini pan diatas, itu peraturan buat dibawah.

gajah-afrika_20170526_161531

Kata gajah, hei kalian para hewan, kenapa ini? Sudah tenang, ga ada beresnya, sekarang kan kita punya kyai, sekolah ke luar nagrek. Kan sekarang udah jadi mufti, jadi hakim. Siapa? Kyai sejuta ummat kan kyai ucing garung. Neneng rohimah ge eleh baca qur’an nya, mengeong ngajinya.

Bahkan sudah diorbitkan di berbagai media. di handphone ada videonya, ayo kita menghadap kucing. Lalu gajah meminta hewan berkumpul, semua harimau, kerbau, monyet termasuk monyet di…

kucing-tergemuk-1

Semua setuju masalah ini diselesaikan kyai ucing? Setuju! lalu datang ular ngobrol sama ayam, yam, saya mah ga percaya sedikitpun dengan si kucing. Kurang gimana? Udah banyak pendidikannya. Tetap saya tidak percaya.

Kata kucing, oh… ga bisa hari ini, kata fathul mu’in ga boleh memutuskan saat ngantuk. saya lagi agak ngantuk nih. besok saja. Undang-undang kan ga boleh ngantuk, lapar, bising, dsb. besok saja insya allah saya putuskan dengan baik.

Besoknya kyai kucing sudah datang, sebelum yang lain hadir. Mana tikus kesini? Ah saya lapar, udah lama saya ga makan, lalu si tikus dimakan sama kucing. Wah kata tupai salah milih kyai nih! Aduh dimakan sampai nyisa ekornya doang. Lalu gimana nih? Udah jangan berisik, sini saya makan kamu tupai. masa? Ya, setelah saya jadi kyai saya makan tupai juga, lalu dimakan tupai itu. Saat lagi dimakan. Datang gajah…

kucing-makan-tikus1-350x270

Gimana kyai? Gajah kaget! Jadi bukan di putus ini, diselesaikan! Kata kucing garong, kapan lagi saya dapat kesempatan emas.

Kesimpulannana : Jangan salah mencari pemimpin & hakim. Memimpin hukum saja begitu.

https://www.facebook.com/plugins/post.php?href=https%3A%2F%2Fwww.facebook.com%2FMusakautsar5%2Fposts%2F10211889553268142&width=500

Dimana coba kita cari pemimpin yang bukan kucing garong?  Coba tanya presiden, gubernur, bupati, kyai, salaki? Kucing garong kabeh. Teu diamplopan marah, iyeu matak dibawa jang contoh ucing garong. Baru baca jurumiyah, lihat camat, minta jatah, baru baca hadits lihat cewek cantik, di kawin! ucing garung.

Lalu datang ular, tuh kan bener, saya ga percaya sama kucing! Kata saya juga jangan percaya ini. Jangan jadiin hakim, jangan jadi pemimpin. Pan masih banyak yang lain. Muncul gajah, hei ular ko bisa nebak? pan ada di Al-Qur’an..

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu uswatun hasanah (suri teladan yang baik) bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” [QS. Al-Ahzaab: 21]

Pan kaula mah nuturken Rasulullah SAW, berekonomi, berpolitik, kyai, mengikuti jejak Rasulullah SAW. Lalu datang gajah, monyet. Emang gimana? Saya sama guru di pagahan di ajar baca Qur’an, artina, jurumiyah, sorof, kata guru jangan dulu bermasayarkat, bertapa dulu, mulud, rajab, ramadhan & ada cara bertapa khusus.

Wallahu a’lam

Disadur dari Ceramah Abah Uci

blogger-image-2013862402

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.